Jumat, 25 Januari 2013

Profil Kabupaten Tolitoli

Kabupaten Tolitoli adalah wilayah administrasi yang berada di Sulawesi Tengah. Sebelumnya, wilayah ini bernama Kabupaten Buol Tolitoli, namun pada tahun 2000 Buol mekar dan membentuk wilayah administrasi kabupaten sendiri dengan Tolitoli sebagai wilayah induk. 

Luas wilayah Tolitoli 4.079.6 km² (wikipedia, 2013) dengan ibukota Kota Tolitoli di Kecamatan Baolan.

Menurut sejarah, kata Tolitoli berasal dari Totolu yang artinya adalah tiga. Bangsa Tolitoli pada mulanya dipercaya berasal dari tiga orang manusia langit yang menjelma ke bumi.

Orang pertama bergelar Olisan Bulan (Bambu Emas), yang kedua Bumbung Lanjat (Puncak Pohon Langsat) dan yang terakhir Ue Saka (Rotan).  Olisan Bulan kemudian lebih dikenal dengan Tau Dei Baolan atau Tamadika Baolan. Ue Saka kemudian dikenal sebagai Tau Dei Galang atau tamadika dei Galang, sedangkan Bumbung Lanjat dikenal sebagai seorang putri dengan nama Boki Bulan.

Nama Totolu lalu berubah menjadi totoli sebagaimana tertulis dalam Lange-Contrack 5 Juli 1858 yang ditandatangani oleh pihak Belanda dan Raja Bantilan Syaifuddin. Tahun 1918 di masa Raja Mohammad Ali nama Tontolu menjadi Tolitoli.

Bundaran Cengkeh
Bundaran cengkeh adalah taman di tengah kota Tolitoli. Taman ini dikelilingi oleh kantor pemerintahan termasuk DPRD dan masjid Agung Al Mubarak Tolitoli. Di tengah taman ini ada tugu cengkeh yang dikelilingi oleh kolam yang airnya menghijau karena lumut.


Taman Kota Tolitoli
Taman kota ini terletak di sisi Lapangan Haji Hayun yang mana lapangan ini dahulu adalah tempat kegiatan-kegiatan besar berlangsung. Kini lapangan dan sisi-sisi luarnya sudah disulap pemerintah setempat sebagai area publik taman terbuka.





Pantai Tanjung Batu
Di tanjung batu Tolitoli kita dapat menikmati indahnya matahari terbenam di balik pulau Lutungan. Selain itu, kita akan menjumpai banyak warung ikan bakar di sini. Sayangnya, pantai ini kurang dikembangkan menjadi objek wisata yang menarik, padahal potensi yang dimiliki pantai Tanjung Batu sebagai objek wisata cukup besar.




3 komentar:

  1. kota tolitoli yg kurindukan. bgm wajah mu skrg?

    BalasHapus
  2. kota tolitoli yg kurindukan. bgm wajah mu skrg?

    BalasHapus
  3. Hahaaha..... Sejak kapan ada publikasi lapangan hi.hayyun d rubah taman kota, Klo mau Pembrontakan hi.hayyun part two Coba aja publikasi gan'....... loh liat Masyarakat yg punya semangat kebranian hi.hayyun akan turun Merontak

    BalasHapus

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google