Rabu, 22 Mei 2013

Sudah Siapkah Anda Menyambut Ramadhan Tahun Ini?

Detik waktu terasa semakin singkat, baru kemarin sepertinya kita disibukkan dengan perayaan Idul Fitri, Sekarang kita sudah harus bersiap lagi menghadapi Ramadhan.

Sebagai seorang muslim, Ramadhan adalah waktu yang dinanti-nantikan, selama 11 bulan kita sangat merindukan datangnya bulan ini. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita menyambut Ramadhan kali ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi tidak ada kepastian, kita akan berjumpa lagi pada Ramadhan tahun yang akan datang.

Pertama, siapkan dana yang cukup. Dana akan sangat dibutuhkan untuk membiayai keperluan kita selama Ramadhan.

Biaya untuk makan sahur dan berbuka puasa tentunya akan lebih besar dibanding dengan biaya makan hari-hari di bulan lainnya. Selain itu, kita juga membutuhkan dana untuk memperoleh pahala sedekah yang kalau dikeluarkan pada bulan Ramadhan nilainya akan berlipat ganda dibanding dengan bulan lainnya.

Sebagian dana juga harus kita siapkan untuk zakat fitrah sesuai dengan jumlah anggota keluarga di rumah kita. Sebagian lagi (bila masih berkecukupan) harus kita siapkan untuk menyambut hari raya Idul Fitri.

Kedua, siapkan fisik. Menjelang bulan Ramadhan kita harus tetap bugar dan kuat. Di samping itu kita membutuhkan latihan untuk menghadapi puasa Ramadhan. Latihan bisa dimulai dengan puasa pada bulan Sya'ban misalnya : puasa senin kamis, puasa 3 hari pertengahan bulan (puasa putih) dan lainnya.

Semakin banyak latihan tentu kita akan semakin rileks dan tubuh kita tidak kaget ketika harus berpuasa sebulan penuh nantinya.

Ketiga, siapkan pengetahuan mengenai Ramadhan. Persiapan ini menyangkut pengetahuan kita akan amalan-amalan pada bulan Ramadhan, apa saja yang wajib dan haram, apa yang sunnah dan bisa memakruhkan puasa. Buatlah rencana semacam jadwal kegiatan selama Ramadhan untuk diri kita dan jalankan secara konsisten.

Keempat, tambahkan nilai plus pada Ramadhan tahun ini. Jika Ramadhan tahun kemarin kita biasa-biasa saja, maka Ramadhan kali ini adalah kesempatan kita untuk memberikan nilai tambah.

Misalnya untuk Ramadhan tahun ini kita mengahfal 1 juz Al quran atau menamatkan membaca beberapa kitab hadist. Ramadhan tahun depan nambah hafalan menjadi 2 juz, dan nambah bacaan kitab hadist beberapa lagi. 

Buatlah planning yang konsisten, dan jalankan dengan patuh, insyaAllah Ramadhan kali ini akan menjadi lebih indah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google