Rabu, 05 Juni 2013

Mengenal Teknologi Masa Depan Google Glass

Pada masa keemasan teknologi informasi saat ini sebuah inovasi super canggih yang dikembangkan oleh Google akan segera dirilis. Proyek yang dikatakan sangat ambisius ini dikenal dengan Google Glass.

Google glass atau kacamata canggih Google adalah perangkat semacam smartphone yang wearable (dikenakan pada salah satu alat tubuh ~ mata).




Sebagaimana smartphone, kacamata ini konon berfungsi sebagai sebuah layar besar yang berfungsi sebagai screen atau monitor berjalannya aplikasi yang ditanam dalam google glass.

Aplikasi yang biasa bekerja di smartphone akan bekerja di sebuah kacamata google glass. Dengan ukuran yang kecil dan desain yang weareble, saya pribadi menilai inilah teknologi masa depan

Untuk lebih mengenal Google Glass, perhatikan video berikut ini :



Upload foto ke sosial media seperti facebook dan twitter
Google glass dilengkapi kamera super canggih, sangat kecil, namun dengan sentuhan teknolgi mutakhir, kamera ini mampu merekam detik demi detik dengan jelas. Perhatikan demo google glass pada video di atas.

Dengan kamera tersebut, kita langsung bisa memotret apa saja yang kita inginkan di hadapan mata kita. Entah bagaimana caranya, dan bisa langsung diupload ke jejaring sosial melalui aplikasi tertentu yang ditanam dalam Google Glass.

 Facebook, Twitter Bikin Aplikasi untuk Google Glass

 VIVAnews - Dua jejaring sosial terbesar di jagat raya, Facebook dan Twitter, meluncurkan aplikasi untuk pengguna Google Glass.
Hal itu diungkapkan Erick Tseng, Direktur Mobile Product Management Facebook, seperti dilansir Telegraph, akhir pekan lalu.

"Aplikasi ini khusus dibuat untuk kacamata pintar Google. Nanti, aplikasi ini dapat langsung mengunggah foto dari Google Glass ke timeline Facebook," tutur Tseng, saat berbicara di acara Google I/O.

Tseng menambahkan, kelebihan lainnya untuk memberikan keterangan foto. Anda hanya tinggal menggunakan suara atau berbicara untuk melakukannya.

Saat ini, halaman Facebook Tseng sudah menampilkan foto-foto yang diambil dari Google Glass. Tampilan foto-foto itu menjadi penggunaan pertama dari aplikasi Facebook untuk Glass.

Tak mau ketinggalan, Twitter pun menghadirkan aplikasi yang memungkinkan seseorang berbagi foto dan pesan teks menggunakan kacamata pintar Google.

"Alasan kami (Twitter) membuat aplikasi ini adalah agar pengguna Google Glass dapat berbagi foto dengan mudah. Tentu dengan memasukkan hashtag #throughglass," kata Shiv Ramamurthi, Manajer Teknik Twitter.

Selain berbagi foto, pengguna tentu juga bisa melakukan aktivitas berkicau seperti biasa. Misalnya, membuat tweet, membalas tweet, retweet, sampai menjadikan tweet menjadi favorit.

Sampai saat ini, Google Glass belum diluncurkan ke publik, tapi beberapa versi "Explore" sempat dijual pada sejumlah programer komputer pada konferensi perusahaan pada Juni tahun lalu, dengan harga US$1.500, setara Rp14,5 juta.

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/414190-facebook--twitter-bikin-aplikasi-untuk-google-glass

Tanggapan Apple terhadap Google Glass
Sebagai pesaing utama di dunia inovasi teknologi informasi, Apple menganggap teknologi Google Glass cukup baik, namun masih banyak memiliki kekurangan.

Apple menganggap serius laporan mengenai ketidaknyamanan penglihatan saat menggunakan Google Glass. Bahkan apple yang tidak mau kalah dari Google mengaku sedang mengerjakan proyek ambisius yang lebih fenomenal, weareable.


Bagaimana Google Glass di Mata Apple?

VIVAnews - Perangkat yang dapat dipakai pada bagian tubuh (wearable) kini jadi buar bibir karena dianggap sebagai tren teknologi di masa depan.

Perusahaan Internet raksasa, Google telah memperkenalkan perangkat wearable, Google Glass. Apple, Samsung sampai Sony dikabarkan juga tertarik merilis perangkat khusus itu.

Menanggapi inovasi Google Glass, bos Apple, Tim Cook, kurang optimis dengan prospek Google Glass, seperti dilansir The Verge, Rabu 29 Mei 2013.

"Ada beberapa hal positif dalam produk itu. Mungkin, itu akan menarik pasar tertentu, tapi bagi kebanyakan orang, alat itu sulit dipakai untuk melihat," kata Cook dalam konferensi D11 di California.

Menurutnya, Google harus berusaha keras meyakinkan orang agar memakai perangkat itu. "Mereka harus punya cara yang luar biasa," ucap Cook.

Lebih dari itu, Cook mengakui, perangkat wearable merupakan jenis teknologi yang mendalam, dan Apple pun tengah membesut perangkat wearable serupa.

"Perangkat wearable adalah kawasan yang matang untuk dieksplorasi. Banyak perusahaan akan bermain di perangkat wearable," katanya.

Meski produk andalannya, iPhone dan iPad, punya kontribusi besar dalam pertumbuhan perusahaan, Cook yakin perangkat wearable tetap penting. "Saya melihat wearable sebagai cabang yang sangat penting untuk pengembangan perusahaan ke depan," katanya.

Sayang, Cook enggan membeberkan jenis perangkat wearable apa yang jadi target Apple.

Eksekutif Apple itu hanya mengatakan perusahaan Nike telah melakukan pekerjaan yang bagus untuk perangkat wearable, dengan produk Fuelband besutannya. Cook bahkan mengaku sebagai salah satu pemakai produk Nike itu.

"Tidak ada yang bisa meyakinkan seorang anak, yang sebelumnya tidak pernah mengenakan salah satu dari kacamata atau pita atau arloji atau apa pun, untuk menggunakannya sekarang," sebutnya.

Diberitakan VIVA sebelumnya, perusahaan yang didirikan Steve Jobs itu dikabarkan sedang mengerjakan jam tangan pintar melengkung yang berjalan pada platform iOS.

Bahkan konon, Apple telah melibatkan 100 insinyur dalam proyek itu. Jam tangan pintar Apple diprediksi rilis pada akhir tahun ini. (umi)

Sumber : http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/416699-bagaimana-google-glass-di-mata-apple-
Teknologi Masa Depan oleh Google ini diyakini akan mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Bayangkan saja, sebuah perangkat sederhana di depan mata anda, bekerja dengan sangat profesional dengan aplikasi sekelas smartphone, anda bisa searching informasi, mengambil gambar, merekam, sharing dengan kawan-kawan, mengetahui waktu dan cuaca, mengetahui jadwal penerbangan pesawat dan hal-hal luar biasa lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google