Jumat, 02 Agustus 2013

10 Tips Bagaimana Merayakan Idul Fitri Lebih Seru

Hari raya lebaran, atau dikenal dengan Idul Fitri adalah salah satu dari dua hari raya umat Islam di dunia. Idul Fitri adalah perayaan kemenangan besar setelah umat Islam melaksanakan puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Idul Fitri dirayakan pada 1 syawal, bulan ke 10 dalam penanggalan Hijriyah. Kantor pemerintahan, sekolah, bank, dan layanan swasta lainnya tidak beraktivitas pada hari ini.




Umat Muslim pada perayaan Idul Fitri larut dalam perayaan yang penuh perasaan haru karena berpisah dengan bulan Ramadhan, namun gembira karena merayakan kemenangan atas peperangan melawan hawa nafsu di bulan Ramadhan. Perayaan Ied sendiri dirayakan dengan melaksanakan shalat di tanah lapang yang luas, setelah itu makan besar bersama keluarga, bergembira dan saling bersilaturrahim.

Nah, agar lebaran menjadi lebih seru, berikut ini tips yang sangat mudah dilakukan :

Pertama, usahakan anda berada di tengah keluarga, teman, dan orang-orang yang menyayangi anda. Bila mereka jauh, tidak masalah, gunakan saja layanan video call, skype, chatting via facebook, we chat dan lainnya. Tidak usah terlalu memaksa untuk mudik pulang kampung.

Kedua, beli lah pakaian terbaik untuk dipakai pada hari raya. Bukan untuk dipamerkan ke orang lain, namun lebih diniatkan untuk memperindah lebaran sekaligus menambah koleksi pakaian untuk dipakai shalat 5 waktu sehari-hari.

Ketiga, sebelum khatib pada shalat Ied naik ke mimbar pastikan anda sudah membayar zakat. Zakat yang diwajibkan disini adalah berupa makanan pokok beras berkisar 2,5 kg per orang, jangan membayar zakat menggunakan uang, karena di zaman Nabi sudah ada uang akan tetapi zakat tetap dibayar dengan gandum dan kurma (makanan pokok). Waktu terbaik membayar zakat adalah 3 hari menjelang lebaran.

Keempat, saling berkirim ucapan kepada kerabat, sahabat, dan teman-teman anda. Ucapan yang benar adalah Taqabbalallahu minnaa wa mingkum (Semoga Allah menerima amalan kami dan dan amalan kamu sekalian), bukan minal aidzin wal faidzin. Supaya lebih seru, ucapan ini jangan hanya lewat sms doang dikirim, ada baiknya berikan kartu lebaran dan sisipkan cokelat atau hadiah lainnya.

Kelima, pada hari Idul Fitri, sebelum ke lapangan untuk melaksanakan shalat Ied, makanlah terlebih dahulu. Sesuai anjuran Nabi Muhammad. Tapi jangan banyak-banyak makannya, nanti ngantuk atau malah sudah kekenyangan sebelum acara puncak dimulai.



Keenam, upayakan shalat di tanah lapang. Jika kondisi kurang memungkinkan, bisalah shalat di masjid yang cukup besar.

Ketujuh, dengarkan khutbah Ied dengan penuh penghayatan, khutbah ied terkadang bisa membuat hati bergetar-getar.

Kedelapan, pulanglah dari tempat shalat Ied menggunakan rute berbeda dengan rute saat berangkat tadi, muter-muter dulu gak masalah.

Kesembilan, hari Ied adalah hari makan dan minum, jadi makan dan minumlah sepuasnya, tapi jangan berlebihan. Hindari pula makanan dan minuman yang kurang baik seperti kue mentega dan soda, tapi makanlah buah sehat dan segar, paling asyik makan kurma, delima, dan buahan lainnya yang hanya ada pada saat lebaran.

Kesepuluh, jangan lupa untuk tetap shalat 5 waktu dan dihari kedua syawal sudah bisa merencanakan untuk berpuasa 6 hari di bulan syawal. Puasa 6 hari ini tidak harus berturut-turut, bisa memilih hari acak asal masih di bulan Syawal.

Seusai perayaan lebaran, maka haruslah ada yang berubah dari dri kita. Semangat untuk mencintai Allah harus lebih mantap. Siapa tahu lebaran ini adalah lebaran terakhir kita, atau lebaran terakhir orang-orang di sekitar kita, maka mari jadikan lebaran lebih bermakna indah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google