Sabtu, 12 Oktober 2013

Pengantar Rekayasa Transportasi

Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia sendiri atau mesin. Transportasi digunakan untuk mempermudah manusia dalam melakukan aktivitas.

Secara umum transportasi dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu, transportasi darat, laut, dan udara. Transportasi udara merupakan transportasi yang membutuhkan banyak uang untuk memakainya. Selain karena memiliki teknologi yang lebih canggih, transportasi udara merupakan alat transportasi tercepat dibandingkan dengan alat transportasi lainnya.




Unsur-unsur transportasi meliputi:
  1. Ada muatan yang diangkut
  2. Tersedia kendaraan sebagai pengangkutnya
  3. Ada jalanan yang dapat dilalui
  4. Ada terminal asal dan terminal tujuan
  5. Sumber daya manusia dan organisasi atau manajemen yang menggerakkan kegiatan transportasi tersebut.
Sistem transportasi dari suatu wilayah dapat didefinisikan sebagai suatu sistem yang terdiri dari prasarana atau sarana dan sistem pelayanan yang memungkinkan adanya pergerakan ke seluruh wilayah, sehingga terakomodasinya mobilitas penduduk, dimungkinkan adanya pergerakan barang, dimungkinkan akses ke seluruh wilayah.

Pengangkutan menyediakan jasa kepada masyarakat, yang disebut jasa angkutan. Jasa angkutan merupakan keluaran (output) perusahaan angkutan yang bermacam-macam jenisnya sesuai banyaknya jenis alat angkutan (seperti jasa pelayaran, jasa kereta api, jasa penerbangan, jasa angkutan bus dan sebagainya). Sebaliknya, jasa angkutan merupakan salah satu faktor masukan (input) dari kegiatan produksi, perdagangan, pertanian dan kegunaan lainnya.

Fungsi Transportasi
Pengangkutan bertujuan sebagai faktor penunjang dan perangsang pembangunan (the promoting sector) dan pemberi jasa (the service sector) bagi perkembangan ekonomi. Fasilitas pengangkutan harus dibangun mendahului proyek-proyek pembangunan lainnya. Misalnya perluasan dermaga di pelabuhan didahulukan daripada pembangunan pupuk yang akan dibangun di suatu wilayah, guna melancarkan pengiriman peralatan pabrik dan bahan baku serta penyaluran hasil produksi ke pasar setelah pabrik beroperasi.

Transportasi manusia atau barang biasanya bukanlah merupakan produk akhir, tetapi hal itu dilakukan untuk mencapai tujuan lain, oleh karena itu, permintaan atas jasa transportasi disebut sebagai permintaan turunan (derived demand) yang timbul akibat adanya permintaan akan komoditi atau jasa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google