Selasa, 17 Desember 2013

Kitab Catatan Amal Yang Membuat Manusia Terkejut

"Dan diletakkanlah kitab (catatan amal), lalu engkau akan melihat orang yg berdosa merasa ketakutan terhadap apa yang tertulis didalamnya, dan mereka berkata, "Betapa celakanya kami, kitab apakah ini, tidak ada yg tertinggal, yg kecil dan yg besar melainkan tercatat semuanya", dan mereka dapati (semua) apa yg telah mereka kerjakan (tertulis). Dan Tuhanmu tidak menzalimi seorang jua pun". QS Al-Kahf 49
Di hari kiamat nanti Allah akan memberikan sebuah buku catatan tentang amal segala perbuatan manusia. Kitab ini memuat semua yang dilakukan manusia, kecil besar, tampak atau tersembunyi.
Pemberian buku catatan amal dilakukan sebelum Allah menghisab (memperhitungkan amalan) seorang hamba. Tujuannya, adalah si hamba terlebih dahulu dapat menghisab dirinya sendiri.
Mereka yang membaca kitab tersebut terkejut bukan main karena ketepatan dari kitab tersebut, mencatat segala perbuatan mereka dari kecil sampai besar. Benar-benar sebuah kitab yang menggemparkan hati seorang hamba.
Maka perbaikilah amal perbuatan kita, karena Allah tidak akan merugikan kita. Jika kita berbuat baik, sebesar biji sawi pun akan dituliskannya. Apabila kita berbuat buruk, maka pasti kita akan mendapatkan balasannya kelak.
Mengenai Kitab
Saat ini teknologi berkembang pesat. Apa saja yang kita lakukan di bumi bisa saja kita rekam menggunakan kamera perekam dan kemudian kita lihat di masa mendatang. Bahkan beberapa orang memang sengaja membuat rekaman perjalanan hidupnya untuk diperlihatkan kepada orang lain.
Nah, bagi Allah tentu mengadakan kitab atau semacam rekaman kehidupan seorang hamba tentu sangat mudah sekali. Dia adalah Maha Pencipta segala yang ada di bumi.
Oleh karena itu, kawan-kawan, mari kita mulai hari dengan kebaikan...

1 komentar:

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google