Minggu, 15 Desember 2013

Pantai Lalos Tolitoli

Pantai Lalos terletak di desa Lalos Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli. Dari pusat kota Tolitoli, objek wisata Pantai Lalos dapat dicapai dengan perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil hanya dengan waktu 20 menit.

Belum ada angkutan umum yang melayani perjalanan tetap ke lokasi ini. Jika nekad bisa mencarter angkot untuk pergi dan pulang dari Kota Tolitoli dengan kisarah harga sewa Rp 50.000 sampai Rp 100.000 pergi pulang.

Namun demikian, prasarana jalan raya cukup memadai dari pusat kota hingga sampai di lokasi wisata. Sehingga, bila punya kendaraan pribadi akan sangat menyenangkan menuju ke Lalos bersama keluarga atau teman-teman.




Hingga saai ini, Pantai Lalos adalah objek wisata yang menjadi tempat kunjungan favorit masyarakat Tolitoli. Pantainya indah dengan laut yang memiliki gradasi warna hijau muda dan biru tua.

Pasir pantai berwarna kuning dan orange. Ombak cukup tenang. Dari laut, pantai memiliki latar pemandangan pegunungan dan perkebunan kelapa masyarakat lokal.

Beberapa pohon seperti beringin dan ketapang dibiarkan tumbuh di pinggir pantai sebagai peneduh. Selain itu, karena pantainya menghadap ke arah barat, matahari pagi tidak akan terlalu menyilaukan pandangan mata.


Sebagian masyarakat lokal turut serta mengelola pantai Lalos dengan menyiapkan tempat berganti pakaian sekaligus mandi air tawar. Beberapa warga turut serta menjual makanan, menyewakan pelampung (ban dalam mobil).

Untuk alternatif tempat beristirahat, disediakan semacam balai-balai sederhana yang bisa disewa kisaran harga Rp 15.000. Bila tidak ingin menyewa bisa membawa tikar dari rumah atau membawa tenda sekalian. Hehe...

Aktifitas di pantai Lalos  terbatas pada berenang atau sekedar bermain-main di pinggir laut, bermain pasir, bakar ikan, bermain banana boat, dan lainnya.

Bila musim liburan, pantai bisa penuh dengan wisatawan yang didominasi anak sekolahan.

2 komentar:

  1. Saya orang Palu, tapi belum pernah ke pantai Lalos, mudah-mudahan suatu saat bisa sampai kesana. Salam kenal sob..

    BalasHapus

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google