Sabtu, 18 Januari 2014

Menelusuri Jejak Pulau Karnivora dalam Film Life of Pi

Bagi kalian yang sudah menonton Film Life of Pie (2012) pasti tahu sebuah pulau misterius yang menjadi salah satu bagian menarik dalam cerita film tersebut.

Pulau itu digambarkan sebagai pulau yang sangat indah. Namun, pulau itu ternyata menyimpan sejuta misteri yang sulit dipercaya akal.

Dikisahkan, kalau pulau itu, pohon, air, dan tumbuh-tumbuhannya merupakan karnivora atau pemakan daging saat malam hari.

Sedangkan pada siang hari, pulau itu tampak seperti pulau biasa di tengah samudera.

Entah keberadaan pulau itu nyata atau hanya imajinatif hanyalah tokoh utama dalam film itu yang tahu. Film Life of Pi sendiri merupakan kisah nyata yang diangkat dari novel Yann Matel tahun 2001 dengan judul yang sama.

Film Life of Pi menurut saya sangat bagus. Cerita yang disajikan sangat menarik. Efek film sangat mengesankan dan banyak nilai penting yang bisa diambil.

Film ini sangat cocok bagi mereka yang suka dengan misteri dan petualangan.

Bagi anda yang belum menonton film ini, saya sangat sarankan untuk segera menonton atau anda bisa juga membaca deskripsi singkat film melalui wikipedia.

Setelah itu, mari kita telusuri jejak pulau misterius dalam film tersebut.

 

Deskripsi Pulau dalam Film Life of Pi



Pulau karnivora, begitulah Pi sang tokoh utama dalam film menyebutnya. Pulau ini digambarkan seperti mengapung di salah satu bagian lautan di muka bumi.

Pada siang hari pulau ini kering dan memiliki danau-danau berbentuk lingkaran sempurna yang berisi air tawar.

Pada malam hari air laut naik atau mungkin pulaunya yang turun hingga daratan di pulau digenangi oleh air, sehingga pada malam hari di pulau itu hanya terlihat ujung-ujung pepohonan yang tidak tenggelam.

Berikut ini petikan percakapan mengenai pulau tersebut yang diceritakan oleh si tokoh utama saat adegan Pi tengah berada di pulau :

Tak sadarkah kau pulau itu karnivora ?
Karnivora ? Seperti tanaman Venus Flytrap ?
Ya. Seluruh pulau. Tanaman, air dan kolam, tanahnya juga. Pada siang hari, air kolamnya tawar. Tapi di malam hari, terjadi proses kimia......merubah airnya menjadi asam. Asam yang membunuh ikan - ikan itu. Dan membuat Meerkat lari ke pepohonan. Dan Richard Parker (harimau) berlari dan tinggal di perahu.



Seperti apa venus flytrap, mari kita bahas;

Venus Flytrap

Pulau itu seperti Venus Flytrap menurut  Pi dalam film.

Seperti apa tumbuhan ini bisa dilihat di blog teman kita yang menulis tentang Venus Flytrap secara ringkas :

Venus Flytrap mulai dipelajari pada abad 17 dan 18. Jika diterjemahkan secara harfiah maka Venus Flytrap berarti Venus Penjerat Serangga, cukup mampu untuk membangkitkan imajinasi seakan akan tumbuhan ini bergerak menangkap lalat, bagaimana jika tumbuhan ini hidup pada masa pra sejarah dan yang ditangkap adalah binatang melata? No way. Nenek moyangnya adalah keluarga Drosera.


Warna merah pada daun yang cukup menggoda hewan hewan seperti laba laba, belalang, semut dan lalat untuk hinggap dan menyentuh rambut rambut sensor halus yang bertebaran diatas permukaan daun. Ketika rambut sensor ini tersentuh dua kali atau bertambah dekat ujung2nya ,maka sensor mengaktifkan reflek daun dan menutup dengan cepat.

Kenapa Memakan Serangga?

Jika tanaman lain bisa berkembang pada gas di udara ditambah air dari tanah, mengapa Venus Flytraps memakan serangga? tumbuhan ini mendapatkan banyak nutrisi seperti yang dilakukan tanaman lain  melalui proses fotosintesis. Selama fotosintesis, tumbuhan menggunakan energi matahari untuk menggerakkan reaksi yang mengubah karbon dioksida dan air untuk mendapatkan gula dan oksigen. 

Gula yang dihasilkan ini kemudian diubah menjadi energi dalam bentuk ATP(Adenosine Triphospate - penyimpan sumber energi untuk sel-sel tubuh), melalui proses yang sama yang digunakan oleh tubuh kita untuk proses karbohidrat .

Namun, di samping untuk sintesis glukosa, tanaman juga perlu untuk membuat asam amino, vitamin dan komponen sel sel lain untuk bertahan hidup. Untuk mencapai hal ini, tanaman membutuhkan nutrisi tambahan seperti:

Nitrogen - untuk membuat asam amino , asam nukleat, protein
Fosfor - sebagai bagian dari energi membawa molekul ATP
Magnesium - sebagai faktor-pendukung yang banyak membantu fungsi enzim
Belerang - untuk membuat sedikit asam amino
Kalsium - sebagai faktor pendukung enzim dan untuk membuat sel dinding tanaman
Kalium - untuk mengatur pergerakan air masuk dan keluar dari tanaman

Jenis tanah yang selalu ditumbuhi oleh Venus Flytrap adalah tanah yang bersifat asam,  langka mineral dan nutrisi lainnya. Kebanyakan tanaman tidak dapat bertahan dalam lingkungan ini karena mereka tidak dapat membuat cukup sel sel yang diperlukan untuk pertumbuhan. Tumbuhan ini memiliki kemampuan  yang unik dengan mencari sarana alternatif untuk mendapatkan nutrisi penting seperti nitrogen. Makhluk hidup seperti serangga menyediakan sumber yang baik nutrisi yang hilang dari tanah, dan mereka juga mengandung energi karbohidrat sebagai tambahan.

Pulau Yang Hanya Dihuni Meerkat

Meerkat adalah hewan yang berkerabat dekat dengan luwak atau musang.

Dalam film digambarkan, ada jutaan meerkat yang menghuni pulau misterius itu. Seperti apa sebenarnya meerkat ini, coba baca ulasan dari wikipedia :

Meerkat atau Suricate adalah mamalia dan anggota dari keluarga luwak. Meerkat memiliki habitat di Gurun Kalahari di Botswana dan Afrika Selatan. Kelompok Meerkat disebut "mob", "geng", atau "klan". Klan Meerkat selalu terdiri 20 meerkat dalam satu waktu, tapi dalam sejumlah klan besar dapat terdapt 50 atau lebih. Usia hidup meerkat berkisar pada usia 12 hingga 14 tahun.


Dalam film Life of Pi, di pulau misterius hanya dihuni meerkat yang tinggal di pulau membentuk koloni besar. Meerkat ini, berkeliaran di pulau pada siang hari, dan tidur di atas pohon pada malam hari menghindari genangan air laut yang katanya berubah menjadi asam.

Makanan meerkat adalah serangga, kadal, dan hewan-hewan kecil yang mudah ditangkap.

Berdasarkan informasi ini, pulau misterius Pi yang dihuni jutaan koloni meerkat pasti menyediakan makanan bagi meerkat ini.

Kecuali para meerkat telah beradaptasi sehingga bisa menangkap ikan atau memakan daun tumbuhan.

Namun, kemugkinan meerkat untuk beradaptasi sampai bisa memakan ikan atau memakan daun-daun ini sangat kecil.

Yang paling mungkin adalah, di pulau itu ada serangga atau ada hewan lainnya yang menjadi makanan tetap para meerkat yang ada di situ.

Ok, kita bisa simpulkan tidak hanya meerkat yang hidup di pulau. Tapi ada serangga atau hewan lainnya yang menjadi mangsa para meerkat.

Malam Hari Pulau Tergenang Air Laut

Pi menceritakan pada malam hari, pulau misterius tersebut tergenang air yang menenggelamkan daratannya.

Ini adalah fenomena yang sangat unik. Bagaimana caranya air laut bisa naik ke daratan pulau hanya di malam hari?

Apakah pulau itu dipengaruhi pasang surut yang sangat ekstreem sehingga air laut menggenangi pulau itu pada saat pasang? Contohnya seperti salah satu pulau di daerah Bontang.

Namun, kemungkinan ini sangat kecil, karena berdasarkan pantauan saya, air pasang tidak hanya terjadi pada malam hari, akan tetapi terjadi juga pada pagi hari, siang hari, tergantung berapa umur bulan.

Bahkan jika harus terjadi pada malam hari itu tidak akan tepat pada malam hari, tapi mungkin saja sore dan berakhir subuh, mungkin juga tengah malam dan berakhir siang.

Sedangkan Pi tinggal di pulau itu beberapa hari, sehingga jika genangan air disebabkan oleh pasang surut yang ekstreem, Pi pasti sudah menyebutkan hal itu.

Apakah pulau itu pada malam hari bertambah berat sehingga daratannya tenggelam?

Kemungkinan ini masuk akal untuk menjawab kenapa malam hari daratan di pulau tergenang air laut.

Akan tetapi adakah pulau yang memiliki berat berbeda pada siang dan malamnya?

Genangan Air pada Malam Hari Menjadi Asam


Tidak hanya munculnya genangan yang jadi misteri, tapi bagaimana air genangan itu bisa menjadi asam dan membunuh hewan yang terperangkap di dalamnya.

Pertama-tama, untuk memikat hewan atau mangsa memasuki daerah genangan, air genangan tentunya harus bersifat normal seperti air biasa.

Karena sifatnya yang normal dan mungkin juga tersedia banyak makanan dan area bermain, ikan dan hewan kemudian mendatangi pulau misterius ini.

Kemudian, air berubah menjadi asam dan mencerna semua ikan dan hewan yang terperangkap di area berair pulau. Pulau pun memperoleh suplai makanan dan tetap hidup sebagai pulau karnivora.

Sumber air tawar di pulau

Anehnya di pulau ada semacam danau dengan permukaan berbentuk lingkaran sempurna berdiameter sekitar 5 meter. Airnya tawar.

Padahal, pada malam hari diceritakan kalau pulau ini tenggelam oleh air laut yang kemudian menjadi genangan asam pembunuh.

Entah bagaimana hubungannya dengan danau air tawar yang berbentuk lingkaran sempurna itu. Ini sangat misterius.

Apakah air di danau itu pada malam hari ikut bercampur dengan air laut? kemudian bercampur dengan asam? kemudian menjadi tawar pada siang hari?








Letak Pulau Misterius Pi

Berdasarkan kisah di Film Life of Pi maka kita tahu kapal kargo yang tenggelam membawa Pi dan keluarganya berangkat dari India dengan tujuan Kanada.

Namun kapal tersebut tenggelam di Samudra Pasifik dan pada akhirnya Pi terdampar di pantai Meksiko. Dimanakah pulau misterius Pi terletak?

Berdasarkan alur sederhana yang saya buat di atas, palling tidak ada 6 titik yang perlu dicurigai. Gambar di bawah ini adalah citra satelit google. 

Yang saya lingkari adalah bagian yang kira-kira berada di atas permukaan air laut. Entah dimana pulau itu berada, pasti akan sangat menarik bila ada yang ingin mengungkapnya lebih detail dan menelusuri misteri di pulau itu. 



13 komentar:

  1. Apa pulau itu emang beneran gan? Soalnya si pembuat novelnya hanya mengibaratkan suatu hal dengan pulau tersebut, yang bisa jadi pulau ini hanya suatu imajinasi si penulis saja. Kalaupun ada, pastinya ada suatu buku atau blog yang sudah pernah membahas tentang pulau karnivora ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar gan saya setuju, pulau itu memang cuman perumpamaan suatu hal, bukti yang paling logis bahwa pulau itu tidak ada , bisa dilihat adegan yang menggambarkan seluruh pulau tersebut berbentuk seperti manusia yang sedang tidur ! Jika dipahami lebih mendalam film ini memang lihai mengumpamakan suatu hal , bahkan harimau Richard Parker pun sebenarnya tidak pernah ada,

      Hapus
    2. Kalo saya kurang setuju, bukannya Pi disini pernah bilang "kalian tidak akan menemukan sejarah tentang pulau karnivora ini di buku ilmu pengetahuan manapun selain kalian datang kesini sendiri" kurang lebih seperti itu. Lagipula ini berdasarkan kisah nyata kan?

      Hapus
  2. Tidak ada orang yang tahu selain Pi sendiri. Tapi saya masih berharap kalau pulau itu memang benar pulau asli.

    Bukankah di lautan masih banyak misteri yang belum pernah kita temukan sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Istana jin ada di lautan

      Hapus
    2. Setuju, lagipula cuma baru sekitar 5-10% laut yang udah dijelajah manusia

      Hapus
  3. haha kalo menurut gua mah simple aja setelah nonton film ini untuk kedua kalinya,tentang pulau karnivora itu kan ada simbol orang lagi tertidur kan ??
    coba deh kalian perhatikan lagi scene pas pi masih kecil waktu dia berdoa depan patung vishu persis banget sama simbol orang lagi tidur di pulau karnivora itu, yang maksudnya pulau itu menunjukan adalah bantuan dari dewa vishu waktu dia kecil, jadi intinya cerita versi pertamalah yang benar yang mengerucut pada endingnya bahwa pi akhirnya percaya bahwa tuhan itu ada dan membantunya, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini SS nya www.inipic.com/pictures/91833b9023eddbaff1a5784fb5b7c578.jpg

      Hapus
  4. Hal ini kembali di serahkan kepada para penonton, seperti pertanyaan di akhir film, cerita mana yang kamu percaya, itu terserqh kalian

    BalasHapus
  5. pulau karnivora yang di gambarkan pie itu ibaratnya manusia (bentuk pulau seperti manusia), saat di depan ( siang) dia akan menampakan semua kebaikan. namun belakang ( gelap/malam) kita dia akan memangsa kita. nampak jelas pulau itu dengan bentuk manusia tidur.

    BalasHapus
  6. Itu semua fiksi, Yann Martel sendiri yang konfirmasi di beberapa wawancaranya. http://abcnews.go.com/GMA/Books/story?id=124838

    BalasHapus
  7. https://www.youtube.com/watch?v=6wIBEubLUus&list=FLidV2d8zixx_f36W9UdrTFA

    BalasHapus

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google