Kamis, 01 Mei 2014

Rekor Hewan Tercepat Di Dunia


Apa hewan tercepat di dunia? Jawabannya mungkin saja Cheetah si kucing besar pelari cepat. Kecepatan berlari cheetah sangat fenomenal. Selain itu, akselerasi cheetah dalam memburu mangsanya cukup mengesankan.

Pengamatan para ahli mengenai cheetah seperti yang ditulis media Kompas;

John Wilson dari Departemen Biologi, North Carolina State University, bersama rekannya, mengamati enam ekor cheetah liar di Kgalagadi Transfrintier Park, Afrika Selatan. Untuk membantu pengamatan, Wildon menggunakan GPS dan monitor pemantau gerak.

Dari pengamatan itu, Wilson menemukan bahwa cheetah sanggup berlari mencapai kecepatan 120 km/jam. Dengan kecepatan tersebut, kecepatan cheetah melebihi kecepatan maksimal commuter line Jabodetabek yang sebesar 90 km/jam dan kecepatan kereta antarkota yang rata-rata 100 km/jam.






Secepat-cepatnya chetaah, ternyata ada hewan lain yang lebih cepat. Hewan itu adalah burung Alap-alap Kawah atau The Peregrine Falcon.

Alap-alap kawah adalah salah satu spesies alap-alap (elang)  besar, memiliki panjang hingga 50 cm. Burung ini mempunyai bulu hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip serta kebanyakan berekor pendek. Dada dan perut burung ini berwarna putih dengan garis-garis hitam. Burung betina hampir sama dengan jantan, hanya saja ukuran paruhnya sedikit lebih besar.




Makanan utama alap-alap kawah adalah burung - burung berukuran sedang, seperti merpati, nuri, jalak dan ayam. Mangsa alap-alap ini diburu biasanya pada waktu sedang terbang. Alap-alap juga memangsa binatang lainnya, seperti kelinci, kelelawar, serangga, kadal dan ikan yang bisa mereka tangkap.

Alap-alap kawah saat ini memegang rekor sebagai salah satu makhluk tercepat di dunia. Pada waktu terbang mengejar buruannya, burung ini mencapai kecepatan 320 km/jam, hampir menyerupai kecepatan pesawat terbang.


1 komentar:

  1. 320 km/jam, itu melebihi top speed mobil2 jaman skrng...

    BalasHapus

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google