Rabu, 04 Juni 2014

Aqiqah Dalam Islam

Sudah hampir sebulan saya tidak melihat blog ini karena kesibukan saya dan keluarga menyambut kelahiran putra pertama saya. Alhamdulillah sekarang saya sudah menjadi seorang bapak dari seorang putra yang insyaAllah akan menjadi pemuda terbaik di masanya nanti.

Dalam rangka menyambut seorang manusia lahir ke dunia, orang tua yang muslim disunnahkan untuk mengadakan aqiqah. Sunnah disini adalah kewajiban jika orang tuanya mampu untuk melaksanakannya.

Arti Aqiqah

Akikah (bahasa Arab: عقيقة, transliterasi: Aqiqah) yang berarti memutus dan melubangi, dan ada yang mengatakan bahwa akikah adalah nama bagi hewan yang disembelih, dinamakan demikian karena lehernya dipotong, dan dikatakan juga bahwa akikah merupakan rambut yang dibawa si bayi ketika lahir. Adapun maknanya secara syari’at adalah hewan yang disembelih untuk menebus bayi yang dilahirkan. (Sumber : Wikipedia)

Menyembelih Kambing
Inti dari acara aqiqah adalah menyembelih kambing atas nama Allah dengan maksud untuk aqiqah. Penyembelihan kambing sebaiknya dilakukan oleh bapak dari anak yang akan diaqiqah. Untuk anak laki-laki, disembelih dua ekor kambing dan untuk anak perempuan disembelih satu ekor kambing.

Tidak ada syarat jenis kelamin kambing, namun dipersyaratkan kambing yang disembelih adalah kambing yang tidak cacat, berumur satu tahun lebih, dan dalam kondisi sehat.

Dari Aisyah ra berkata, yang artinya: “Nabi SAW memerintahkan mereka agar disembelihkan aqiqah dari anak laki-laki dua ekor domba yang sepadan dan dari anak perempuan satu ekor.” (Shahih riwayat At Tirmidzi).





Mencukur Rambut Anak
Mencukur rambut adalah salah satu yang dianjurkan untuk dilaksanakan pada saat aqiqah. Tidak ada aturan mencukur semuanya atau sebagian.

Dalam hadits Samirah disebutkan bahwa Rasulullah saw. Bersabda, “Setiap anak terikat dengan aqiqahnya. Pada hari ketujuh disembelihkan hewan untuknya, diberi nama, dan dicukur”. (HR. at-Tirmidzi).

Daging Sembelihan
Daging sembelihan aqiqah berlaku sebagaimana daging kurban. Bisa dibagi sebagian, sebagian lagi dimakan, atau bisa dibagikan semuanya. Umumnya di Indonesia, daging aqiqah dimakan bersama-sama dengan kerabat dalam acara aqiqah.

Doa Aqiqah
Saat menyembelih kambing, hendaknya berdoa kepada Allah dan mengucapkan basmalah. Jangan lupa niat saat menyembelih adalah untuk aqiqah dalam rangka ketaqwaan terdadap Allah.

Tidak ada doa khusus untuk bayi yang dilahirkan namun sebaiknya kita mendoakan anak kita dengan kebaikan di masa depan dan memohon perlindungan dari kejahatan setan dan perlindungan dari penyakit sorotan mata (al ain).

Undangan Aqiqah
Nah, bagi anda pembaca blog ini yang mau buat acara aqiqah, ini bonus dari saya. Silakan download format undangan yang saya buat untuk acara aqiqah anak saya waktu lalu. Tinggal ganti nama-nama, waktu dan tempatnya dan print deh di kertas A4.

Download format undangan aqiqah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google