Selasa, 10 Juni 2014

Manfaat Daun Sirsak

Pohon sirsak ternyata tidak hanya menghasilkan buah yang enak, tapi daunnya mengandung banyak manfaat bagi tubuh manusia.

Daun sirsak sejak zamannya nenek saya masih muda dipercaya sebagai obat dari beragam penyakit yang sering mengganggu manusia.

Di daerah saya, daun sirsak dikatakan paling ampuh menetralisir tekanan darah. Daun sirsak juga dipercaya mampu menyembuhkan batuk dan sebagai penjaga daya tahan tubuh.

Bila sakit kepala atau sakit gigi, daun sirsak dapat menjadi pereda yang instan, cukup ambil sehelai daun sirsak lalu tempelkan ke bagian pipi yang giginya sakit atau pada kepala yang sakit, maka rasa perih akan mereda.

Saya sendiri minum air rebusan daun sirsak seminggu sekali. Efek setelah minum daun sirsak memang langsung terasa, badan jadi seperti ringan, mudah berkeringat, dan lebih fit.



Benarkah daun sirsak bermanfaat sebagai obat kanker?

Sirsak diketahui bisa mencegah dan juga ampuh untuk mengobati beberapa jenis kanker. "Untuk sirsak sendiri telah diteliti dapat mengobati kanker usus besar (kolon), kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker prostat, dan juga kanker buah dada (payudara)," ucap dr Hardhi Pranata, SpS, selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI). (Kompas)

Bagian sirsak yang bermanfaat untuk obat kanker adalah batang, daun, dan juga buahnya atau dalam bentuk jus. Buahnya bisa dimakan langsung, dibikin jus, atau daunnya direbus kemudian hasil rebusannya diminum.

"Bisa dengan cara minum jus buah sirsak atau dengan cara merebus 9 lembar daun sirsak dan minum air rebusan tersebut lalu dimonitor keadaannya. Biasanya nafsu makan akan meningkat dan pertumbuhan sel-sel kankernya akan terhambat," ungkap dr Hardhi. (Kompas)

Khasiat dan Resep Obat Daun Sirsak Lainnya :

Daun sirsak sebagai obat bisul. Ambil beberapa daun sirsak muda sebanyak 5 hingga 10 helai lalu tempelkan di area yang terkena bisul sampai bisul tersebut sembuh dan kering.

Sebagi obat batuk ringan, siapkan7 lembar daun sirsak yang masih muda lalu remas dan ambil airnya. Minum setiap pagi sebelum makan apapun.

Daun sirsak bermanfaat mengobati eksim dan rematik. Remas beberapa helai daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian yang sakit. Ulangi hingga beberapa hari  sampai tidak terasa sakit lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google