Rabu, 10 Desember 2014

Cari Apa yang Dikatakan Teman Anda di Facebook

Facebook kini telah mengizinkan penggunanya untuk menggunakan fasilitas search (mencari) status-status yang anda atau teman anda tulis. Hanya dengan menggunakan fasilitas ini anda dapat melakukan pencarian apa yang teman-teman anda katakan mengenai sesuatu, misalnya mengenai sifat anda dan lainnya.

Sebelum adanya fitur ini, saat anda menggunakan fasilitas search dengan mengetikkan kata pesawat misalnya, maka anda hanya akan memperoleh hasil pencarian berupa halaman resmi penjualan tiket pesawat, atau halaman dari maskapai pesawat terbang.


Setelah adanya fitur ini, maka searching di facebook dengan menggunakan kata pesawat akan memperoleh hasil pencarian berupa status-status teman anda yang berbicara mengenai pesawat.

Jika anda ingin mencari apa yang dibicarakan teman-teman anda mengenai sekolah anda, maka cukup searching kata sekolah anda di fasilitas search facebook, maka anda akan memperoleh status-status yang membicarakan sekolah anda.



Saat tulisan ini saya buat, fitur searching facebook ini baru berlaku di AS untuk mereka yang online ke facebook menggunakan browser web dan aplikasi facebook pada IOS.

Fitur baru facebook ini akan membantu pengguna facebook untuk lebih mudah lagi berinteraksi dengan rekan-rekan mereka. Sekaligus dengan mudah mengingat kembali apa yang sudah pernah didiskusikan sebelumnya.

Seperti halnya google, hasil pencarian akan diurutkan berdasarkan kriteria tertentu, diantaranya kedekatan anda dengan teman anda.

Misalnya anda mencari dengan menggunakan kata kunci ayam, maka yang akan muncul adalah status-status anda dan teman anda yang membicarakan ayam, di urutan pertama akan ada teman anda yang paling sering chating/komen dengan anda.

Sebentar lagi fitur ini akan mendunia khusus untuk anda pengguna facebook.
Namun tentu saja ada hal yang harus diingat bagi anda pengguna sosial media seperti facebook yaitu tetap jaga kesopanan di jagad sosial dan tetap berinteraksi dengan akrab di dunia nyata.


photo credit: Scott Beale via photopin cc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google