Kamis, 01 Januari 2015

Blogger atau Wordpress? Saya Lebih Suka Blogger

Platform apa yang bisa digunakan saat orang pertama kali menjadi seorang blogger?

Pilihannya banyak sekali. Akan tetapi Blogger (.com) dan Wordpress (.org) adalah dua platform blog yang sangat familiar bagi blogger di seluruh belahan dunia.

Keduanya tergolong platform yang sangat bersahabat dan sangat mudah digunakan.

Tapi, yang manakah yang terbaik di antara keduanya? Jawabannya tentu saja blogger (.com) lah yang terbaik. Ini 5 alasannya :

Desain Blog yang Menarik dan Bisa Sekehendak Hati
Saat ini sangat mudah sekali berganti-ganti desain blog bagi pengguna blogger(.com). Kita bisa mengkustomisasi atau membuat desain, tata letak, background, flash dan sebagainya.




Dari halaman Perancang Template blogger (.com) kita bisa merancang sendiri seperti apa template kita, bahkan kita tidak butuh kemampuan menguasai bahasa seperti HTML, hanya klik dan semuanya selesai.

Jika menggunakan wordpress (.org) memang banyak desain dengan template yang elegan dan sangat-sangat ekslusif tersedia instan. Hanya saja desain seperti ini tidak gratis atau berbayar mahal. Beberapa templatewordpress  yang benar-benar bagus membutuhkan sedikit kemampuan HTML untuk aplikasinya.

Blogger(.com) Memiliki Gadget yang Powerfull
Pada wordpress untuk mengoptimalkan blog maka diperlukan instalasi plug in yang memusingkan, bahkan banyak di antara plugin mengharuskan pengguna untuk mengerti sedikit bahasa html.

Pada blogger, semua plugin yang dibutuhkan sebuah blog tersedia dengan mudah pada blogger gadget. Dari halaman dashboard kita hanya mengklik sana sini maka blogger gadget akan mengoptimalisasi blog kita menjadi lebih menarik dan powerfull.



Blogger Gratis Tanpa Embel-embel
Membuat blog di blogger(.com) gratis tanpa biaya sekali. Tidak ada emble-embel di belakangnya harus seperti ini dan itu.

Hal ini berbeda dengan wordpress(.com). Membuat blog di wordpress(.com) memang gratis, tapi wordpress(.com) akan meminta space untuk mereka memasang iklan.
Sedangkan Wordpress(.org) kita harus membayar hosting dan domain sendiri. Memang tidak besar, hanya saja tagihan hosting dan domain itu akan ditagihkan setiap bulan atau tahun. Disini lah beratnya.

Untuk blog saya www.blogfirman.com, saya tidak membayar hosting sama sekali, blog ini dihosting oleh blogger(.com) gratis. Yang saya bayar adalah domain saja www.blogfirman.com.

Pict Source




Bahkan bisa saja tidak membayar domain dan menggunakan domain yang diberikan blogger(.com) gratis, tapi domainnya akan menjadi www.blogfirman.blogspot.com.

Tidak Perlu Khawatir dengan Kemanan dan Bandwidth
Dengan blogger(.com) keamanan kita ditangani oleh google. Sebagai perusahaan besar, masalah kemanan Google tidak perlu diragukan. Beda dengan wordpress(.org) yang mudah sekali terancam malware dan gangguan-gangguan.

Pict Source


Selain itu, wordpress(.org) dengan hosting sewaan memiliki batasan bandwidth yang sesuai dengan nilai sewa hosting. Sedangkan di Google, kita tidak perlu khawatir dengan bandwidth. Blog kita tidak akan down hanya karena kita kebanjiran pengunjung.

Blogger Terintegrasi dengan Akun Google
Saat ini, untuk membuat blog pada blogger(.com) anda harus memiliki satu akun google. Akun ini sudah terintegrasi dengan semua produk Google termasuk Google Plus.

Hal ini sangat memudahkan, jadi semuanya hanya perlu satu kali login dan bisa mengakses semua produk Google.

Bagi anda yang mengikutsertakan blognya pada program Adsense Google, maka integrasi dengan Google Account ini menjadikan pekerjaan jauh lebih simpel.

Pict Source

Nah, apakah anda pengguna blogger(.com) ataukah anda masih setia menggunakan wordpress?







2 komentar:

  1. saya juga pengguna wordpress, semoga dengan saya membaca dan memahami artikel ini, semakin menambah pengalaman saya...
    kunjungi balik ya kak...

    obat perangsang wanita

    BalasHapus
  2. Terimah kasih informasinya,

    oia salam kenal
    Al Quran Readpen PQ15

    BalasHapus

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google