Kamis, 08 Maret 2018

Bagaimana Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Saat Kuliah?

Salah pilih jurusan itu bahaya. Jurusan yang salah akan membawa masa depan anda ke lembah 'abu-abu', kelam, dan tidak ada kepastian.

Celakanya lagi, tidak ada tiket pulang dari masa depan ke masa sekarang atau ke masa lalu. Jika anda sudah berada di masa depan, dan anda baru menyadari kalau anda berada di jurusan yang salah, maka tidak ada pilihan lain kecuali meneruskan nasib yang mungkin kurang sesuai dengan harapan anda sebelumnya.


Jadi sebelum itu terjadi jangan sampai salah pilih jurusan saat kuliah. Bagaimana Cara Memilih Jurusan Yang Tepat Saat Kuliah. Berikut ini tips-tipsnya :



Kuliah Untuk Apa?
Cobalah selami hati anda, tanyakan pada hati anda dengan tulus kenapa anda harus bersusah-payah, mengeluarkan uang yang besar, dan menyita waktu muda anda dengan kuliah?.

Tanyakan pada hati anda sendiri dan renungkan apa jawaban yang anda pikirkan.


Pelajari Peluangnya
Mau jadi apa pun anda setelah lulus kuliah nanti yang pasti anda harus menghasilkan uang sesegera mungkin. Karena ketika anda keluar dari universitas dengan predikat sarjana maka anda bagaikan cahaya yang kilaunya bisa memukau orang tua anda, adik-adik, dan rekan sekampung. Namun kilau itu akan memudar kalau gelar sarjana anda tidak menghasilkan sesuatu yang bernama uang.

Disinilah, saat inilah, saat anda baru mau masuk kuliah, perhitungkan peluang anda mendapat pekerjaan sesegera mungkin saat sarjana nanti.




Jurusan Kedokteran
Tidak bisa dipungkiri, tidak ada sarjana kedokteran yang menganggur. Semuanya pasti langsung bisa bekerja. Artinya, peluang kerja jika anda adalah lulusan jurusan kedokteran adalah 1, artinya pasti anda akan bisa bekerja dan menghasilkan uang setelah lulus nanti.

Namun sayangnya, saking baiknya prospek jurusan ini, maka untuk bisa kuliah di jurusan kedokteran anda harus sakti mandraguna menyelesaikan ujian masuk perguruan tinggi dengan persaingan level tinggi sekali.

Jurusan Keteknikan
Berdasarkan pengalaman saya sebagai mantan mahasiswa teknik. Jurusan-jurusan teknik juga memiliki peluang kerja yang mendekati 1. Artinya hampir dipastikan anda bisa bekerja dan menghasilkan uang saat sudah sarjana nanti.

Beberapa jurusan teknik seperti teknik mesin dan teknik elektro menjadi rebutan perusahaan-perusahaan besar. Jurusan-jurusan teknik lainnya seperti teknik sipil dan arsitektur juga masih sangat dibutuhkan meningat pesatnya pembangunan di Indonesia.

Yang perlu diperhatikan ketika anda mengambil jurusan keteknikan adalah softskill atau kemampuan khusus yang anda miliki. Sebagai sarjana teknik anda harus mahir menggambar dan menghitung. Menguasai software-software grafis dan matematika yang rumit. Selain itu anda harus rajin mengupgrade kemampuan teknologi yang semakin berkembang.

Jurusan MIPA dan Pendidikan
Percayalah, jurusan ini hanya untuk anda yang ingin sekali mendalami bidang ilmu-ilmu dasar tanpa terapan.

Jurusan ini cocok untuk mereka yang ingin menjadi akademisi seumur hidupnya. Paling tidak, bisa menghasilkan uang dengan menjadi dosen atau guru di masa depan nanti.

Jurusan Pertanian, Peternakan, dan Kehutanan (agro kompleks)
Prospek bidang di jurusan agro kompleks masih cukup baik. Hanya saja terlalu banyak sarjana di bidang ini di Indonesia. Di masa depan, saat anda sarjana peluang kerja kecil karena banyaknya pencari kerja di bidang agro kompleks ini.

Jurusan Kesehatan selain Kedokteran
Jurusan analis kesehatan, teknisi laboratorium, teknisi peralatan-peralatan medis masih sangat dibutuhkan. Di daerah saya saja sangat langka dan orang dengan pendidikan semacam ini berharga mahal.

Jurusan keperawatan, farmasi, dan kebidanan prospeknya masih baik. Hanya saja, sudah terlalu banyak lulusan di jurusan-jurusan ini. Akibatnya, saat anda selesai kuliah  nanti akan berebut peluang kerja dengan banyak sekali orang.



Jurusan Ilmu Hukum, Ekonomi, dan Sastra
Penilaian saya pribadi jurusan-jurusan ini prospek pekerjaan saat sarjana cukup kurang. Apalagi ditambah dengan banyaknya perguruan tinggi di daerah-daerah yang membuka jurusan-jurusan ini.

Jika anda mengambil jurusan hukum, maka prospek terbaik saat sarjana nanti adalah melanjutkan pendidikan untuk memperoleh profesi lanjutan seperti notaris. Di jurusan ekonomi yang prospeknya baik saat ini adalah akuntansi.

____

Saat ini, saat anda memilih jurusan untuk kuliah, pikirkan masa depan anda. Jangan sampai di masa depan ada penyesalan hanya karena salah memilih jurusan.

Ingat, yang terpenting adalah anda harus segera bisa menghasilkan uang saat sarjana nanti.

1 komentar:

  1. You are so interesting! I don't suppose I've truly read through a single thing like this before.

    So nice to discover somebody with a few genuine thoughts
    on this subject. Seriously.. many thanks for starting
    this up. This web site is something that's needed on the internet, someone with
    a bit of originality!

    BalasHapus

Tulis komentar dan tanggapan anda, akan saya tanggapi setelah saya membacanya.

Cari di Google