Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jika Kita Terdampar di Pulau Seperti Film Cast Away

Film Cast Away adalah film tentang drama petualangan seorang pekerja yang pastinya sangat menarik. Film ini fiksi terkesan seperti sebuah kisah nyata. Menonton film ini membuat emosi kita seakan terbetik, perasaan "misterius" semakin meningkat, dan tentunya jiwa petualangan akan bangkit.

Sinopsis Singkat Film Cast Away
Kejadian dalam film ini terjadi pada Desember 1995, Chuck Noland (yang diperankan Tom Hanks) adalah seorang teknisi sistem yang bertugas di seluruh cabang FedEx.


Ia memiliki hubungan khusus dengan Kelly Frears (diperankan Helen Hunt) di mana mereka tinggal di Memphis, Tennessee. Awalnya mereka ingin menikah dan merencanakan untuk menjadi keluarga yang bahagia, namun akibat jadwal Chuck yang padat, rencana itu sedikit terganggu.

Saat hari raya Natal yang seharusnya Chuck merayakannya dengan kerabat, Chuck malah dipanggil untuk melaksanakan tugas perusahaan di Malaysia. 

Saat ia terbang melewati badai yang luar biasa dahsyat, pesawat perusahaan yang ditumpanginya jatuh di sekitar Samudera Pasifik. Chuck selamat dari insiden ini dengan menyelamatkan diri dengan bantuan rakit darurat.

Chuck kehilangan kesadaran dan mengapung yang pada keesokan paginya ia terdampar di sebuah pulau. Setelah ia sadar, Chuck menjelajahi pulau dan mengetahui bahwa pulau itu adalah pulau yang tidak berpenghuni.



Petualangan pun dimulai. Hingga empat tahun telah berlalu di pulau, Chuck mampu beradaptasi dengan kondisi hidup pulau, Chuck berlatih hingga mahir menangkap ikan dan membuat api.

Sampai akhirnya Chuck memperoleh dinding toilet portabel yang terbuat dari semacam fiber atau seng yang terdampar di pulau itu. Muncullah sebuah harapan untuk pulang.

Chuck bisa pulang dan kembali ke kehidupan semula. Film selesai dengan happy ending.

_____

Bagaimana Jika Kita Terdampar di Pulau Seperti Film Cast Away?

Saat kita menonton film Cast Away, pastinya dalam imajinasi kita akan selalu terpikirkan, bagaimana bila kita yang terdampar di sebuah pulau yang tak berpenghuni. Terasing dari dunia luar. Bahkan mungkin sangat sulit untuk ditemukan oleh orang lain.

Temukan Sumber Air Tawar
Air adalah kehidupan. Paling tidak, keberadaan sumber air akan mengatasi masalah jika kita sedang kehausan. Sumber air di pulau, biasanya dapat ditemui pada gua-gua sekitar pantai atau di lembah perpotongan antar bukit.



Bila tidak dapat, maka beralih lah ke sumber air sekunder seperti air kelapa atau air dari akar pepohonan hutan seperti akar rotan.

Simpan air yang diperoleh dan gunakan sehemat mungkin. Kecuali bila mendapatkan sumber air seperti danau, sungai, atau sumur tua, maka barulah boleh untuk mandi sepuasnya.



Temukan Makanan
Terdampar dengan menggunakan sekoci penyelamat dari kapal mungkin akan memberikan kita sedikit harapan untuk makanan. Karena di sekoci penyelamat biasanya terdapat cadangan makanan khusus untuk keperluan darurat.

Bila tidak ada makanan, maka kita harus mencarinya dengan berbagai cara.

Di pantai banyak hewan laut yang bisa dimanfaatkan. Cobalah menggali pasir pantai, bila beruntung kita akan menemukan kerang-kerangan, siput laut, atau hewan laut yang bisa kita makan.



Sementara di daratan ada beberapa tumbuhan yang bisa dimakan. Daging buah kelapa cukup enak, tapi akan memerlukan upaya ekstra untuk bisa membelah kelapa.

Siapkan Tempat Bermalam / Menginap
Jika terpaksa harus menginap di pulau, maka carilah tempat berlindung yang cukup aman dan nyaman. Tempat teraman berada di sisi pantai yang agak kering. Tempat ini harus terbuka dan kita bisa melihat segala sisi. Cari alas tidur yang memungkinkan untuk tetap hangat dan kering.



Jaga Kesehatan
Terdampar sendirian di pulau tak berpenghuni kita harus tetap menjaga kebersihan badan. Selain itu upayakan untuk tidak sakit. Jangan mandi pada malam hari, dan hindari terpaan sinar matahari yang menyengat.

Sedapat mungkin tetap bergerak lebih banyak, utamanya di pagi hari. Selain itu, tetap optimis untuk bisa selamat.

Kemampuan Mandiri di Luar Rumah
Jika pertolongan darurat tidak kunjung datang, maka kita perlu beradaptasi dengan alam sekitar. 

Berikut ini beberapa kemampuan yang dibutuhkan guna adaptasi :

  1. Membuat api dengan bahan seadanya
  2. Menangkap ikan dengan tangan kosong atau alat bantu sederhana
  3. Meracik obat untuk pertolongan pertama
  4. Berenang, menyelam, memanjat pohon, mendaki tebing.

Untuk anda yang sering travelling, maka tidak ada salahnya anda melatih hal-hal yang saya sebutkan di atas. Siapa tahu anda akan terjebak dan terdampar di Pulau seperti di film Cast Away.

Posting Komentar untuk "Jika Kita Terdampar di Pulau Seperti Film Cast Away"